Sabtu, 21 April 2012

Contoh Laporan Prakerin

0 komentar
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Pada dasarnya, Pendidikan dengan Sistem Ganda ( PSG ) adalah bentuk penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) dengan Dunia Usaha / Dunia Industri ( DU / DI ), evaluasi keberhasilan siswa sampai dengan pemasaran tamatan.
Program pendidikan dan pelatihan PSG memuat aspek - aspek pendidikan, meliputi :
1. Komponen Normatif, meliputi mata pelajaran :
PPKN, Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Jasmani dan
Kesehatan, Sejarah Nasional dan Sejarah Umum.
2. Komponen Adaptif, meliputi mata pelajaran :
Matematika, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia.
3. Komponen Kejuruan, yaitu mata pelajaran teori – teori kejuruan dalam lingkup suatu
program studi tertentu.
4. Komponen praktik dasar kejuruan yang meliputi praktik penunjang dalam melakukan beberapa jenis pekerjaan yang relevan di Dunia Usaha / Dunia Industri, yang berada dalam lingkup profil tamatan dari program studi tertentu.
5. Komponen Praktik Industri yang meliputi praktik kerja langsung pada Dunia Usaha / Dunia Industri.
Dari berbagai pengalaman SMK menyelenggarakan program PSG, komponen Normatif dan Adaptif dilaksanakan di sekolah. Komponen teori kejuruan dilaksanakan di sekolah, komponen praktik dasar kejuruan dapat dilaksanakan sebagian di sekolah dan sebagian diindustri, sedang komponen Praktik Industri sepenuhnya dilaksanakan di industri.
1.2 RUMUSAN MASALAH

Rumusan masalah yang akan di bahas dalam laporan pendidikan sistem ganda di CV. AGEE FITAMA Madiun adalah :
1. Service Mouse
2. Service Keyboard
3. Install Operasi Sistem


1.3 BATASAN MASALAH

Dalam laporan pedidikan sistem ganda memiliki berbagai masalah,namun masalah tersebut di batasi yaitu adalah sebagai berikut:
1. Install Operasi Sistem Service Pack 2.

1.4 TUJUAN
Pada dasarnya Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini saya buat untuk tujuan merangkum materi-materi yang saya dapat dari Pendidikan Sistem Ganda (PSG).dan tujuan utamanya materi-materi tersebut bisa terbukukan dan dapat menambah pengetahuan saya maupun para pembaca dari buku ini . karena dalam laporan buku ini terdapat banyak cara menangani masalah-masalah yang terjadi pada komputer pada umumnya, yang bisa membantu pembaca menyelesaikan masalah yang ada pada komputer pembaca.
1.5 MANFAAT
Setelah melakukan Praktik Kerja Industri saya merasa mendapat manfaat yang saya peroleh sebagai berikut :
a. Saya telah mengenal dan mengerti tentang sistem kerja yang digunakan dalam perusahaan.
b. Saya merasa mendapat tambahan pengalaman dalam menghadapi setiap masalah kerja yang saya hadapi, terutama setelah mendapatkan tugas.
c. Saya telah mendapatkan pengalaman mengenai troubleshooting PC, minimal dalam hal penggunaan PC untuk keperluan perkantoran maupun pribadi.
d. Saya telah mendapat tambahan pengetahuan hardware, prosesor dan aplikasi pemrograman
e. Saya telah mendapatkan kesempatan untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah saya dapatkan dari sekolah.
Informasi Yang Diperoleh Dari Praktik Kerja Industri
Dari pelaksanaan Praktik Kerja Industri beberapa informasi yang dapat saya peroleh
adalah sebagai berikut :
a. Pentingnya penerapan ilmu yang didapatkan di sekolah dengan pelaksanaan praktik di dunia kerja yang sesungguhnya.
b. Pentingnya kerjasama antar sesama kelompok terutama apalagi dalam hal bisnis. Banyak sekali perusahaan-perusahaan yang hancur karena kesalahpahaman/masalah kecil.



BAB II
LANDASAN TEORI



2.1 PENGERTIAN OPERATING SYSTEM



Dalam Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.
Biasanya, istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall. Dalam llmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, clan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi
Biasanya, istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk.
Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar.
Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan. maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, Sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganv-2u.


2.2 BAGIAN DART SISTEM OPERASI

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.

Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu, tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi bedalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti itu disebut sebagai Multi-tasking Operating System. Beberapa Sistem, Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, Berta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi beker a tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama Bering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS

2.3 PENGERTIAN WINDOWS XP

Sebagaimana layaknya enginer komputer sangat baik jika anda harus
mengenal apa yang anda rawat maka berikut ini akan kami perkenalkan semua
komponen/konfigurasi eksternal dan internal sebuah sistem oerasi windows XP. Pembahasan berikut ini dibatasi pada perangkat lunak sebab pengenalan perangkat keras akan dibahas tersendiri.

2.4 KONFIGURASI EKSTERNAL WINDOWS XP ( DESKTOP )

Desktop adalah pintu utama sebuah komputer dimana dari pintu inilah awal penjelajahan kits ke dalam komputer tersebut. Desktop dapat dikatakan sebagai wajah atau penampilan komputer Anda sehingga perlu diatur sedemikian rupa'agar menarik bagi pemakainya. Dalam penggunaannya, desktop berhubungan dengan icon, wallpaper, screen saver, taskbar dan start menu program. Windows XP telah menyediakan fasilitas yang memudahkan pengaturan desktop dan lingkungannya tersebut. Pengaturan desktop yang menarik akan membuat pengguna nyaman dalam mengoperasikan komputer. Tetapi pengaturan dektop yang berlebihan akan membuat komputer boros memori dan bekerja dengan tidak efisien.

Tema sebuah tampilan (desktop theme) berhubungan dengan pengaturan icon, font, warna, sound, dan elemen-elemen Windows yang lain yang memberikan keunikan bagi desktop dan distinactive look. Anda dapat menganti tema, membuat tema sendiri dan kemudian menyimpannya dengan nama baru atau melakukan restore tradisional Windows Classic sebagai tema desktop Anda.

2.5 KONFIGURASI INTERNAL WINDOWS XP

Dikatakan konfigurasi internal karena bagian ini tidak tampak dari Desktop, artinya bagian ini ada dibalik/didalam Desktop. Bagian ini biasanya berhubungan dengan kontigurasi dan maintenance sistem. Didalam bagian ini beberapa tool sistem telah disediakan, baik untuk melakukan konfigurasi kinerja, maupun untuk sekedar melakukan monitoring terhadap kinerja System yang sedang berjalan. Pada bagian ini akan dibahas beberapa perangkat yang disediakan oleh internal Windows XP yang berhubungan dengan konfigurasi sistem seperti Control Panel, System Properties, MS Configuration dan Windows Registry dll.

2.6 SEJARAH WINDOWS XP

XP atau Windows 5.1 build 2600 adalah sebuah versi sistem operasi Windows yang diluncurkan oleh Microsoft Corporation pada tanggal 25 Oktober 2001 di Amerika Serikat. Sebelumnya, Microsoft telah meluncurkan Windows versi 5.0 atau yang dikenal dengan Windows 2000, baik itu edisi server maupun edisi profesional (untuk desktop kantoran). Namun pada kenyataannya sebagian besar pengguna menggunakan Windows XP Professional. Nama XP sendiri, menurut Microsoft merupakan singkatan dari kata Experience, yang artinya Windows XP membawa pengalaman barn dalam dunia komputasi, atau setidaknya begitulah yang diharapkan oleh Microsoft. Perubahan user interface dan tatacara penggunaan memang sangat revolusioner, seperti yang terjadi dari DOS ke Windows 3.0, dan dari Windows 3.1 ke Windows 95. Windows XP sendiri berbasis pada Windows NT dan termasuk pada keluarga NT. Yang termasuk dalam keluarga NT adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, Windows 2000 & 2003. Keluarga. NT, terutama yang server, memiliki kemampuan yang baik untuk menjadi sebuah server. Pada pertengahan tahun 2000-an, Microsoft, perusahaan pembuat system operasi Windows, tengah menggarap Windows ME(Millenium Edition). Namun, karena Windows ME dianggap kurang sukses menyaingi Windows 98. Maka, Microsoft memutuskan untuk 'mengawinkan' dua buah sistem operasi Windows tersebut (sistem operasi berbasis Windows NT dan sistem operasi berbasis Windows 9x) ke dalam sebuah produk yang kita kenal sekarang dengan Windows XP. Berikut adalah beberapa jenis Windows XP :

 Windows XP Home Edition

Windows XP Home Edition adalah sistem operasi Windows XP yang ditujukan untuk pengguna rumahan. Versi ini tidak didesain untuk sistem dengan banyak pengguna, Fitur jaringan yang tidak ada pun sangat banyak, di antaranya tidak dapaf bergabung dengan sistem domain Active Directory, tidak memiliki sistem berkas terenkripsi, tidak dapat menjadi sebuah server (meski mampu membuat beberapa berkas dan folder yang dikelolanya dapat digunakan oleh beberapa pengguna sekaligus), dan tidak memiliki fitur Internet Connection Sharing (ICS), dan masih banyak yang lainnya.

 Windows XP Professional Edition

Windows XP Professional adalah sistem operasi Windows XP yang dibuat khusus untuk komputer desktop yang terhubung ke dalam sebuah jaringan dengan domain yag dkelola oleh Active Directory milik Windows 2000 Serbver atau Windows server 2003. selain itu, versi ini pun dibilang jauh lebih lengkap fiturnya dari pada
Windows XP Home Edition. la bisa menjadi sebuah komputer server, meskipun hanya bisa menampung maksimal sepuluh client yang bisa login secara bersamaan.


 Windows XP Media Center Edition

Versi ini adalah versi Windows XP yang dibuat khusus untuk perangkat semacam Hi-Fi, dan PC yang diletakkan di ruang duduk. Pada dasarnya, Windows XP Media Center merupakan Windows XP Home Edition yang ditambahi dukungan sebagai perekam video pribadi (Personal Video Recorder).

 Windows XP Tablet PC Edition

Windows XP Tablet PC Edition adalah versi Windows XP yang dikhususkan untuk PC yang ultra-portabel, yang dinamakan oleh Microsoft dengan Tablet PC. Bentuknya yang minimalis seperti halnya Asisten Digital Pribadi (Personal Digital Assistant atau PDA), dengan kemampuan setara notebook atau laptop.

 Windows XP Professional x64 Edition

Windows XP Professional x64 Edition merupakan versi Windows XP yang dikhususkan untuk prosesor dengan arsitektur x86-64.

 Windows XP Professional 64-bit Edition for Itanium

Perbedaan fitur dari Windows XP Professional x64 Edition adalah dukungannya terhadap prosesor Itanium, dengan segala arsitektur bawaannya, seperti EFI (Extensible Firmware Interface), dan GPT (GUID Partition Table). Meskipun prosesor Itanium merupakan prosesor dengan kinerja paling efisien, Itanium tidak dapat menjalankan program yang didesain untuk Windows XP versi 32-bit maupun Windows XP x64 Edition. Ketika menjalankan program yang tidak didesain untuknya, loner anya pun sangat rendah.

 Windows XP Starter Edition

Versi ini merupakan versi Windows XP Home Edition yang diterjemahkan ke dalam bahasa lokal masing-masing dengan menggunakan Language Interface Pack (LIP). Bahasa yang digunakannya pun beragam, mulai dari Bahasa Indonesia, Melayu, Thailand, Turki, Rusia, India, Brazil, hingga bahasa Amerika Latin (Argentina, Chili, Meksiko, Ekuador, Uruguay, dII)

BAB III

PEMBAHASAB JOBSHEET




3.1. Menginstall Sistem Operasi Windows XP Melalui CD ROM
3.1.1 Sistem Operasi

Sistem operasi komputer adalah perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan pengontroral dan memanajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem,termasuk menjalankan software aplikasi seperti program pengelolah data yang bisa di gunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Sistem operasi komputer merupakan software pada lapiasan pertama yang ada pada hardisk komputer pada saat komputer dalam keadaan menyala, sedangkan software yang lain di jalankan setelah sistem operasi komputer berjalan, dan sistem operasi komputer akan melakukan layanana inti umum untuk software yang lain yang ada pada komputer.

Sistem operasi pada komputer berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan sofrware. Selain itu juga melakukan semua perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan dengan lancar secara bersamaan tanpa adanya suatu hambatan. Sistem operasi komputer juga menjamin aplikasi perangkat lunak lainya, bisa memakai memori, melakukan input dan juga output terhadap peralatan lain dan mempunyai akses kapada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan bersamaan, maka sistem operasi komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga bisa memungkinkan semua proses yang ada pada komputer bisa memperoleh waktu yang cukup untuk mempergunakan CPU dan tidak saling mengganggu atau adanya kerusakan pada perangkat komputer yang lain.


3.1.2 Mengistall Operasi Sistem
Setelah komputer di rakit dengan benar maka selanjutnya adalah menginstall sistem operasinya dan juga software aplikasinya.untuk sistem operasi kita misalnya menggunkan sistem operasi Windows 98, Windows XP, Windows 7, Windows Vista dan lain-lain yang sesuai dengan keinginan. setelah kita menginstall sistem opersi jangan lupa juga menginstall driver-driver yang ada pada komputer, misalnya driver VGA, driver modem, driver sound card dan juga driver lain yang sekiranya penting untuk komputer kita. apabila sistem operasi dan driver-driver sudah terinstall maka juga jangan lupa install aplikasi softwarenya, misalnya aplikasi microsoft office, open office, winamp, photo shop, game house dan aplikasi-aplikasi lain yang sekiranya kita perlukan.

Dalam laporan ini akan membahas mengenai peinstallan sistem operasi Windows XP, yang persiapanya adalah sebagai berikut.

1. Siapkan CD Install Windows XP yang sudah kita backup atau yang kita beli.
2. Komputer yang akan kita install harus ada CDROM nya.
3. Back up semua data yang ada pada komputer kita sebelum di install,misalnya data pada hardisk yang belum di pindah di “Data D atau Data E” maka harus di pindah dulu agar data yang tersimpan tidak hilang.
4. Siapkan DC Driver yang perlu kita install.seperti yang ada pada penjelasan di atas.
5. Setelah semuanya sudah siap maka kita langsung saja ke tahap penginstallan.
1. Siapkan CD WINDOWS XP
2. Siapkan CD DRIVER MOTHERBOARD
3. Atur bios terlebih dahulu agar prioritas bootingnya dimulai
dariCD(DVD)-ROM, caranya:
a. Masuk ke BIOS dengan menekan tombol Del, atau F1, atau juga F2.
Pilih menu Advanced Settings, kemudian carilah ‘Boot Priority’/ yang
sejenis.
b. Ubah pengaturanya, agar CDROM jadi urutan yang pertama
kemungkinan pilihan ini ada 2.

 menu ‘First boot priority’, ‘Second boot priority’ dll: Aturlah ‘First boot priority’ ke ‘CDROM’ dengan menekan tombol PgDn/Pgup (Page Down/Up) atau +/-. Atur juga ‘Second boot priority’nya ke HDD0/HDD1.
 Jika menunya ‘Boot priority’: atur ke ‘CDROM, C, A’ atau ‘CDROM, A
c. Dengan menekan tombol PgDn/Up. jangan di utak-atik biosnya.
Biarinsaja bios diload masukan CD WINDOWSnya, lalu Restart
komputer, terus tekan-tekan F8 atau F10 atau F1 nanti akan muncul
opsi boot selection. Pilih yang ada nama cd-nya. Terus enter.
4. Tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan “press any key to boot from
CD” seperti tampilan Seperti gambar di bawah ini
Gambar 3.1.1.1 Booting Melalui Bios.

5. Tekan ENTER atau sembarang tombol, lalu proses instalasi akan mengecek hardware komputer
anda, kemudian akan muncul tulisan “windows setup” seperti gambar dibawah

Gambar 3.1.1.2 Proses Setup Windows

6. Lalu file-file di dalam cd akan di load ke dalam komputer, kemudian akan muncul tampilan
“welcome to setup” seperti gambar dibawah in


Gambar 3.1.1.3 Langkah Penginstallan Selanjutnya.

7. Tekan “ENTER” untuk menginstal windows xp, “R” untuk repair system windows yang
sebelumnya pernah terinstal, “F3” untuk keluar dari proses instalasi, lalu akanmuncul (End User Licese Aggrement) seperti gambar di bawah ini


Gambar 3.1.1.4 Licensi Agreement.
8. Tekan “F8” kemudian proses instalasi akan mencari dan membaca partisi hardisk anda,
kemudian akan muncul semua partisi hardisk anda, seperti gambar di bawah ini



Gambar 3.1.1.5 Tampilan Partisi

9. Tekan “ENTER” untuk langsung menginstal windows, “C” untuk membuat
partisi hardiskanda,kapasitas partisi sesuai dengan kebutuhan anda, dalam
satuan MB, selanjutnya jika anda membuat partisi dengan menekan tombol
“C”, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini



Gambar 3.1.1.6 Tampilan Isi Partisi

10. Kemudian tuliskan kapasitas partisi yang ingin anda buat, seperti terlihat
pada gambar diatas, sebagai contoh, misalkan kapasitas hardisk anda 40
GB, lalu anda ingin membagi dua, maka tuliskan 20000,jangan 20, karena
partisi satuannya MB,”catatan” 1GB = 1000 MB
11. Kenudian tekan “ENTER” maka akan muncul gambar seperti dibawah ini



Gambar 3.1.1.7 Tampilan Sistem File NTFS.
12. Kemudian pilih “format the partition using the NTFS file system
(Quick)” atau “format the partition using the NTFS file system (Quick)”
lalu tekan “ENTER” maka akan muncul seperti gambar di bawah ini



Gambar 3.1.1.8 Tampilan Partisi “C”.
13. Kemudian arahkan pointer pada posisi “unpartitioned space”, lalu tekan “C”
maka akan muncul gambar seperti gambar sebelumnya, dalam hal ini yang
akan muncul seperti gambar sebelumnya menunjukan sisa partisi yang telah
anda bagi, jika anda membagi 2 partisi saja maka langsung tekan “ENTER”
tapi jika anda ingin mempartisi lagi sisa hardisknya maka tinggal di bagi
lagi saja, seperti langkah-langkah sebelumnya. setelah selesai partisi ketika
anda menekan “ENTER” seperti yang di jelaskan di atas, maka akan
muncul gambar sperti gambar diatas, setelah itu arahkan poiter di posisi C:
partition1 [New Raw], tapi biasanya sudah berada di posisi tersebut, maka
anda tinggal menekan “ENTER” saja untuk proses instalasi windows,
kemudian akan muncul
proses format seperti gambar di bawah ini



Gambar 3.1.1.9 Tampilan Pemformatan.
14. Setelah selesai format, kemudian windows akan ,menyalin file untuk proses
instalasi, seperti gambar di bawah ini



Gambar 3.1.1.10 Tampilan Penyalinan File.

15. Setelah proses penyalinan selesai, secara otomatis komputer akan
Melakukan restart seperti
gambar di bawah ini, dalam hal ini untuk mempercepat proses restart, anda
bisa langsung menekan “ENTER”



Gambar 3.1.1.11 Tampilan Persiapan Restat.

16. Setelah itu akan muncul loading windows seperti gambar di bawah ini



Gambar 3.1.1.12 Tampilan Setelah Partisi.

17. Selanjutnya proses instalasi windows di mulai. muncul layar seperti
gambar dibawah ini



Gambar 3.1.1.13 Tampilan Pembaruan file.

18. Selanjutnya tinggal menunggu.setelah itu akan muncul layar seperti gambar
di bawah ini



Gambar 3.1.1.14 Tampilan Hasil Partisi.

19. Langsung klik “NEXT” ...!!! lalu mucul lagi layar seperti gambar di bawah
ini


Gambar 3.1.1.15 Tampilan Enteri Data.

20. Isi nama dan organisasinya. lalu tekan “NEXT” kemudian muncul layar
seperti gambar di bawah ini



Gambar 3.1.1.16 Tampilan Serial Number.


21. Masukan serial numbernya, yaitu BR89Q 4B9GB 9DPFD M2PY3 R3F83
kemudian tekan “Next” selanjutnya akan muncul layar administrator, isi
aja dinamain apa komputernya.kalau mau pakai pasword tinggal di isi juga
paswordnya, terserah juga mau apa paswordnya. Lalu tekan “Next” maka
muncullayar Date and Time Setting seperti gambar di bawah ini



Gambar 3.1.1.17 Setting Waktu.

22. Masukan settingan jam dan tanggal, tentukan juga time zone anda, untuk
pilih GMT+7 Klik “Next” lagi .... setelah proses instalasi windows
seperti gambar di bawah ini



Gambar 3.1.1.18 Proses Pembaruan Waktu.

23. Silahkan Menunggu, sampai muncul layar seperti gambar di bawah ini



Gambar 3.1.1.19 Setting Jaringan.

24. Selanjutnya akan muncul layar work group or computer Domain,seperti
Gambar di bawah ini



Gambar 3.1.1.20 Tampilan Opsi Jaringan

25. Jika komputer anda terhubung dengan sebuah domain, maka isikan nama
domainnya, tapi jika komputer anda stand alone, maka pilih radio button
yang paling atas, lalu tekan “Next”

26. Selanjutnya akan muncul display setting, seperti gambar di bawah ini, klik “OK” ....!!!



Gambar 3.1.1.21 Tampilan Setting Display 1.

27. Kemudian windows akan mendeteksi tampilan optimal dari PC anda, seperti
terlihat pada gambar di bawah ini, Klik “OK” ...!!!



Gambar 3.1.1.22 Tampilan Setting Display 2.

28. Proses instalasi hampir selesai..... selanjutnya akan muncul loading jendela
windows seperti gambar di bawah ini


Gambar 3.1.1.23 Tampilan Windows.

29. Selanjutnya anda akan dibawa masuk ke dalam windows untuk pertama
Kalinya seperti terlihat pada gambar di bawah ini, tekan “Next” .



Gambar 3.1.1.24 Perintah Selanjutnya.

30. Selanjutnya akan muncul layar “Help Protect Your PC”, seperti gambar di bawah
ini, kemudian pilih “Not Right Now” lalu tekan “Next”



Gambar 3.1.1.25 Tampilan Pilihan Protect.

31. Kemudian komputer akan mengecek koneksi ke internet, seprti terlihat pada
gambar di bawah ini, pilih “Yes” lalu tekan “Next”



Gambar 3.1.1.26 Tampilan Pengoneksian ke Internet.

32. Kemudian akan muncul pilihan aktivasi windows, seperti gambar di bawah
ini, lalu tekan“Next”



Gambar 3.1.1.27 Tampilan Aktivasi.

33. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini yang
menunjukan pilihan untuk menambah pengguna komputer, Anda bisa
memasukkan beberapa pengguna yang akan mengakses komputer Anda,
Namun jika satu akun sudah cukup, atau Anda menginstall komputer untuk
dipakai bergantian, cukup masukkan satu user kemudian klik “Next”
34. Proses instalasi windows selesai, kemudian akan muncul layar seperti
gambar di bawah ini klik “finish”, maka proses instalasi selesai.....



Gambar 3.1.1.28 Tampilan Penyelesaian Instalasi.

35. Selesailah semua.... kemudian masuk ke windowsnya seperti telihat pada
dibawah ini



Gambar 3.1.1.29 Tampilan Masuk Windows.

35. Kemudian tinggal menginstal CD Driver Motherboad, dan perangkat
Pendukung lainnya


Gambar 3.1.1.30 Tampilan Hasil Akhir.
BAB IV

PENUTUP



Alhamdulilllahi rabbil ‘alamin saya panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpah rahmatNya yang saya peroleh sehingga saya dapat menyelesaikan Laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dengan lancar dan tanpa masalah yang menghalang. Selain itu juga saya ucapakan kepada Bapak dan Ibu guru pembimbing yang telah membantu saya menyelesaikan laporan ini.
Laporan ini saya susun dengan sebaik mungkin agar laporan ini bisa bermanfaat bagi semua para pembaca laporan ini. teruma siswa siswi SMK PGRI 1 NGAWI yang telah melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG).

Kesimpulan
Kesimpulan dari penyusunan laporan ini adalah mengetahui bagaimana sistem kerja yang saya dapatkan di tempat PSG yang saya jalankan selama 3 bulan sejak 21 maret sampai dengan 11 juni 2011. Sehingga saya memperoleh banyak pengalaman dan ilmu yang bermanfaat.

Kritik dan Saran

Setelah melakukan Pendidikan Sistem Ganda (PSG), beberapa kritik dan saran dari Bapak dan Ibu guru sangat saya perlukan agar saya bisa menyusun laporan dengan baik untuk selanjutnya.








DAFTAR PUSTAKA



http//2.blogspot.com/_5zug_appiy/SOLmazOVAI/AAAAAAYE/Jwr71vbiejo/s1600-h/ade6.jpg

0 komentar:

Posting Komentar